Home · Ngeblog · Tips Trick · Kesehatan · Tentang · Kontak ·

1001 Manfaat Jeruk Nipis bagi kesehatan

Halo sobat kriuk !, hari ini kita akan membahas topik tentang kesehatan, yaitu tentang Manfaat Jeruk Nipis.

Jenis jeruk didunia ini ada banyak sekali, ada hampir 1300 jenis jeruk yang telah diketahui, tapi dengan jumlah sebanyak itu, hanya jeruk nipis lah yang memiliki banyak manfaatnya, terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Nah siapa yang tidak kenal jeruk nipis ?, buah yang asam ini memliki nama latin Citrus Aurantifolio. Namun dibalik asamnya dan mungil nya jeruk nipis ini, ternyata terdapat banyak khasiatnya.

Kenapa ? Karena jeruk nipis mengandung vitamin A, B1, dan C, selain itu jeruk nipis juga mengandung minyak terbang limonene dan linalool, dan juga flavonoid. Selain itu juga ada kandungan lain setelah buahnya masak seperti synephrine, kalsium, fosfor, zat besi, dan N-methyltyramine. Jeruk nipis juga memiliki kandungan asam sitrat yang mampu mencegah kambuhnya batu ginjal. Fakta lain menyebutkan bahwa jeruk nipis adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi dari semua jenis jeruk yang lain.
1001 Manfaat Jeruk Nipis bagi kesehatan
1001 Manfaat Jeruk Nipis bagi kesehatan

Berikut ini manfaat jeruk nipis :

Bermanfaat untuk Diet
Bagi sobat yang memiliki masalah dengan berat badan mungkin dapat mencoba dengan mulai menkonsumsi jeruk nipis. Karena jeruk nipis termasuk makanan yang secara efektif dapat menaikkan kadar potassium, asam folat, dan vitamin C di dalam tubuh yang dapat membantu menipiskan lemak di dalam tubuh.

Jeruk nipis juga termasuk makanan yang rendah kalori yang otomatis pasti baik untuk diet. Selain itu jeruk nipis juga termasuk jugo makanan yang rendah kandungan protein, jadi sobat mungkin perlu menambahkan protein agar diet berjalan dengan sempurna.

Cara diet dengan jeruk nipis bisa sobat mulai dengan mengkonsumsi segelas air putih dengan campuran air perasan jeruk nipis, bisa juga ditambahkan madu sesuai selera. Lakukanlah hal ini secara rutin setiap pagi hari saat perut masih dalam keadaang kosong.

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala
Jeruk nipis juga dapat sobat gunakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala agar terhindar dari beberapa masalah kulit kepala, seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, dan rambut rontok.

Rawatlah kulit kepala sobat dengan memanfaatkan jeruk nipis, caranya cukup mudah, sobat hanya perlu membasuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu silahkan sobat diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas lah dengan air dingin atau shampoo sampai bersih.

Cara kedua adalah dengan memotong dua jeruk nipis menjadi 3 bagian, lalu oleskanlah pada kulit kapala sampai rata. Setelah di oleskan silahkan sobat bungkus kepala dengan handuk selama semalam penuh, lalu silahkan keramas keesokan harinya, jangan lupa lakukan 3 kali seminggu.

Melancarakan sistem Pencernaan
Flavonoid pada jeruk nipis dapat meingkatkan prosuksi asam, empedu, dan cairan pencernaan yang dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti sembelit dan diare, dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dapat membuat usus bergerak dengan baik dan melancarkan saluran penceranaan. Selain itu juga dengan mengkonsumsi jeruk nipis dapat menstabilkan perut bila anda menderita mual.

Untuk melebatkan rambut
Manfaat lain dari jeruk nipis adalah untuk melebatkan rambut, rambut tipis memang dapat mengganggu penampilan dan rasa pecaya diri. Tapi sobat tidak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusinya, jadi silahkan pakai cara ini:
  1. Ambil 1 jeruk nipis, silahkan sobat potong menjadi 2 bagian.
  2. Silahkan peras jeruk nipisnya lalu simpan.
  3. Lalu cari 1 ikat merang padi, bakar lah merangnya sampai menjadi abu secukupnya.
  4. Kemudian Rendamlah abu merang ke dalam air selama satu malam.
  5. Setelah di rendam silahkan sobat saring airnya.
  6. Lalu campurkan air rendaman abu merang dengan air jeruk nipis.
  7. Pakailah air yang sudah dicampur tadi dengan cara membasuh kulit kepala sambil memijat nya.
Lakukan hal ini setiap hari hingga terlihat perubahan, jika tidak ada perubahan sangat disarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter.

Menambah Stamina Tubuh
Jeruk nipis juga dapat mengembalikan kebugaran tubuh, silahkan disimak:
  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis, lalu peras
  2. Lalu campurkan air perasan jeruk dengan sebutir kuning telur ayam kampung.
  3. Campur juga dengan sedikit irisan gula merah.
  4. Lalu aduk sampai rata.
  5. Silahkan diminum dan jangan lupa lakukan secara rutin seminggu sekali.

Mengurangi Dahak di Tenggorokan
Dengan sensasi asam dari jeruk nipis, dapat mengurangi dahak yang ada di tenggorokan, silahkan sobat ikuti langkah - langkah berikut ini:
  1. Ambil 2 buah jeruk nipis.
  2. Silahkan potong jeruk nipisnya lalu peras.
  3. Tampung lah air perasan di dalam gelas.
  4. Campurkan air perasan dengan sedikit garam, lalu aduk sampai rata.
  5. Jika di perlukan silahkan sobat tambahkan madu, agar rasa nya manis.
  6. Silahkan diminum ramuannya sebelum makan.
Dapat Menghilangkan Bau Badan
Jika sobat memiliki masalah dengan bau badan, silahkan simak cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan ramuan jeruk nipis berikut ini:
  1. Carilah 1 buah jeruk nipis yang berukuran besar.
  2. Lalu potonglah menjadi 2 bagian.
  3. Oleskan kapur sirih pada kedua irisan jeruk sedikit saja.
  4. Setelah itu silahkan sobat oleskan jeruk nipisnya setelah mandi ke lempitan kulit seperti leher bawah dan ketiak.
Diamkan selama 5 menit sebelum di bilas, lakukan hal ini secara rutin setiap pagi dan sore hari. Cara lainnya adalah dengan memakan daun mudah jeruk nipis 3 kali sehari yang sudah di tumbuk sampai halus, lalu di buat seperti pil.

Mengobati Pegal Linu
Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, namun syaratnya harus di campur dengan daun ketepeng cina dan samiloto, berikut caranya:
  1. Silahkan sobat cari bahannya berikut ini:
    • Daun jeruk nipis  (1/3 genggam)
    • Daun ketepeng cina (1/3 genggam)
    • Daun Sambiloto (1/3 genggam)
    • Akar Pepaya (2 jari)
    • Daun sirih (10 lembar)
    • Akar Kepayang (2 jari)
    • Akar Kelor (3 jari)
    • Cabai rawit (10 buah)
  2. Setelah mengumpulkan bahan, silahkan ditumbuk bahan tersebut sampai halus.
  3. Siapkan 1 liter alkohol.
  4. Rendamlah hasil tumbukan tadi kedalam alkohol selama 7 hari.
  5. Setelah 7 hari, silahkan gunakan air perasannya untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.
Dapat meredekan radang tenggorokan
Pada saat kita mengalami infeksi pada tenggorokan seperti radang tenggorokan dapat membuat nafsu makan berkurang karena kurangnya rasa nyaman ditenggorokan. Untuk menyembuhkannya sobat butuh ramuan herbal ini, Silahkan sobat simak cara membuatnya dibawah ini:
  1. Silahkan sobat potong 3 buah jeruk nipis yang sudah dimasak.
  2. Peras lah jeruk nipisnya.
  3. Setelah di peras, silahkan seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas dengan ditambah sesendok madu.
  4. Silahkan aduk rata.
  5. Nah silahkan sobat gunakan ramuan ini berkumur selama 2 - 3 menit saja, dan jangan lupa lakukan hal ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

Dapat mengobati masalah lambung
Masalah lambung disini seperti maag, jeruk nipis sudah banyak di rekomendasikan dokter untuk mengobati maag dengan mengkonsumsi jeruk nipis sebagai obat komplementer maag. Tahap - tahap untuk mengobati masalah lambung dengan maag adalah berikut ini:
  1. Siapkan sebutir jeruk nipis.
  2. Silahkan sobat peras jeruknya sampai kering.
  3. Setelah itu campurkan air perasan dengan air putih, tapi sedikit saja.
  4. Silahkan sobat minum air campuran ini sebelum makan.
  5. Setelah meminumnya, sobat disarankan untuk segera makan.
Mencegah Batu Ginjal
Cara untuk menyehatkan ginjal yang paling umum adalah dengan meminum banyak air, namun tidak semua minuman dapat membuat ginjal sehat. Air yang paling umum digunakan adalah air putih. Sudah banyak pakar yang merekomendasikan bahwa minum dapat menyehatkan serta mengobati permasalahan yang berhubungan dengan ginjal.

Selain dengan air putih, sobat juga dapat menggunakan air perasan jeruk nipis. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat. Kandungan ini dapat mencegah pengikatan mineral lain oleh kalsium. Jika sudah terjadi, maka akan timbul penyakit pada ginjal, seperti terbentuknya batu ginjal.

Untuk itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi air perasan jeruk nipis, ada juga yang menyarankan dengan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat, lalu di minum setelah makan malam.

Mengatasi infeksi kandung kemih
Salah satu dari infeksi kandung kemih adalah anyang - anyangan, anyang - anyangan sendiri adalah bahasa jawa yang berarti kondisi dimana seringnya seseorang buang air kecil, tapi air yang keluar tidak banyak sehingga menyebabkan ingin buang air kecil terus menerus.

Salah satu cara mengobati infeksi kandung kemih adalah dengan jeruk nipis, karena jeruk nipis memiliki jumlah kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat membersihkan racun dari ginjal dan kandung kemih, silahkan sobat lakukan langkah pengobatanya berikut ini:
  1. Ambil 2 jeruk nipis, lalu cuci.
  2. Setelah dicuci peras lah 2 jeruk nipis tersebut.
  3. Campurkan air perasan dengan gula batu secukupnya didalam 1 gelas air hangat.
  4. Aduk hingga merata, lalu minumlah sehari sekali sampai infeksi hilang.
Mengobati Batuk
Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati batuk, cara ini sangat praktis dan bahanya mudah didapat, silahkan sobat coba cara ini:
  1. Silahkan sobat cari satu jeruk nipis yang sudah dicuci, lalu peraslah.
  2. Setelah itu campurkan perasan tadi dengan kecap atau madu (sesuai selera).
  3. Campurkan juga dengan sedikit garam, lalu aduk hingga merata.
  4. Lalu silahkan minum, dan jangan lupa minumlah setiap 2-3 kali sehari.
Membunuh Bakteri
Jeruk dapat membasmi bakteri jahat yang ada didalam tubuh, jenis penyakit yang dapat di basmi oleh jeruk nipis antara lain adalah, korela, tipes, malaria, dan difteri.

Meningkatkan Sistem Imun
Konsumsilah jeruk nipis secara rutin agar fungsi jantung dan sirkulasi darah sobat meningkat, selain itu karena adanya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Menyembuhkan Difteri
Seperti yang sudah disebutkan di atas, jeruk nipis dapat membunuh difteri. Silahkan sobat lakukan cara berikut:
  1. Ambil dua jeruk nipis yang telah dicuci, lalu peras airnya.
  2. Seduh lah dengan segelas air panas yang sudah ditambah 1 sendok makan madu.
  3. Lalu gunakanlah air nya untuk berkumur selama dua menit, lalu minumlah.
  4. Jangan lupa lakukan setiap 3 kali sehari.
Menurunkan panas malaria
Salah satu manfaat jeruk nipis adalah untuk mengobati panas demam akibat malaria, silahkan sobat simak caranya berikut ini:
  1. Siapkan bahan - bahan.
    • daun jeruk nipis (3 lembar)
    • daun kendal (3 lembar)
    • daun prasman (5 lembar)
  2. Lalu rebuslah daun - daun tersebut kedalam 3 gelas air bersih sampai hanya tersisa 1 gelas air saja.
  3. Tunggu sampai air rebusannya dingin, lalu saringlah airnya.
  4. Silahkan bagi 2 airnya dan silahkan diminum untuk pagi dan sore hari.
Merawat kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati
Jeruk nipis memiliki kandungan AHA (alpha hydroxy acids) yang dapat mengangkat sel - sel kulit mati yang ada di wajah. Dengan kulit yang bersih dapat mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat dan menjaga elastisitas kulit. Jeruk nipis juga dapat membantu mengecilkan pori - pro kulit agar dapat mencegah timbulnya jerawat.

Untuk itu silahkan sobat rawat kulit wajah dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis ke wajah, lalu tunggu sampai 15 menit, kemudian bilas lah sampai bersih. Sobat juga dapat menambahkan perasan jeruk nipis dengan putih telur sebelum dioleskan ke wajah, agar wajah terlihat lebih bersih.

Mengobati Hipertensi
Buah jeruk nipis ini bertindak sebagai penyuplai kalium yang sudah pasti memberikan dampak positif pada tubuh. Dengan kaliumnya jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi.  Selain itu juga buah ini dapat mengobati penyakit kardiovaskulas dan diabetes.

Mencerahkan Wajah
Untuk membuat wajah putih dan cerah silahkan sobat tinggal mengusapkan air perasan jeruk nipis ke wajah sobat dan jangan lupa perbanyaklah minum air putih agar hasil maksimal.

Cara kedua adalah dengen membuat ramuan jeruk nipis dan kunyit, yaitu dengan cara:
  1. Siapkan bahan: 
    • 1 sendok makan bumbu kunyit 
    • 1 sdm susu bubuk 
    • air perasan jeruk nipis 100ml
  2. Silahkan campurkan semua bahan diatas.
  3. Lalu oleskan kewajah hingga merata sampai sampai leher.
  4. Biarkan kering dalam waktu 20 menit.
  5. Setelah itu bersihkan dengan air hangat, lalu di bilas dengan air dingin.
Mengurangi Produksi Minyak di Wajah
Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, jeruk nipis dapat mengecilkan pori pori kulit. Jika pori - pori kulit terbuka lebar, maka akan berdampak pada produksi minyak di kulit wajah. Untuk itu silahkan sobat atasi dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis secara rutin pada wajah secara merata selama 10 menit, sebelum pori - pori sobat melebar. 

Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya
Untuk mendapatkan wajah yang bebas dari jewarat sobat dapat melakukan cara berikut ini:

  1. Oleskan air perasan jeruk nipis ke cotton bud, 
  2. Lalu oleskan air pada cotton bud ke bagian yang wajah yang terkena jerawat atau pada bekasnya, 
  3. Setelah itu silahkan sobat diamkan selama 30 menit hingga mengering.
  4. Lalu silahkan bilas.
Sobat juga bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu agar hasilnya lebih maksimal. Selain cotton bud, juga dapat menggunakan kapas jika ditempat sobat tidak ada cotton bud.


Melarut Asam Urat
Jeruk nipis dapat menjadi obat herbal untuk penyakit asam urat karena kandungan asam sitratnya. Jika sobat terkena asam urat silahkan sobat minumlah air perasan jeruk nipis setiap pagi dan sore hari secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebagai Obat Amandel
Amandel sebenarnya dapat disembuhkan dengan jeruk nipis, sobat hanya perlu melakukan hal ini:

  1. Siapkan 3 buah jeruk nipis yang telah dicuci bersih.
  2. Potonglah menjadi bagian bagian kecil lalu rebislah dengan 2 gelas air yang mendidih sampai hanya bersisa 3/4 gelas.
  3. Silahkan saring air rebusan.
  4. Pada saat air masih hangat, cepatlah berkumur dengan air tersebut.
  5. Lakukan hal ini 3 - 4 kali sehari agar hasil maksimal.
Dapat meningkatkan Penglihatan
Didalam jeruk nipis terdapat kandungan antioksidan yaitu vitamin C yang mempunyai manfaat sebagai pelindung mata. Jeruk nipis juga dapat mengurangi rasa sakit kepala akibat ketegangan mata dengan cara meminum air perasannya. Flavonoid didalam jeruk juga dapat memberikan perlindungan kepada mata dari iritasi dan infeksi.

Menurunkan Resiko Kanker
Dengan kemampuan jeruk nipis yang memiliki kandungan liminoid, jeruk nipis mampu bertindak sebagai agen anti kanker yang bisa menurunkan beberapa resiko kanker, seperti leukimia, usus besar, dan lambung. Kandungan liminoid ini juga berberan untuk menangkal radikal bebas dari dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari Jeruk nipis, jika sobat ingin menambahkan isi artikel ini silahkan tinggalkan di kolom komentar, artikel akan segera di update :), Sebelum menutup artikel ini sobat juga perlu melihat 10 Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan, silahkan di buka.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke Info Kriuk.

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "1001 Manfaat Jeruk Nipis bagi kesehatan"